KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN
A.Taksonomi
Dalam pengertian teknologi pendidikan,
media atau bahan sebagai sumber belajar merupakan komponen dari sistem
instrusional di samping pesan, orang, teknik dan peralatan. Dari usaha
penantaan yang timbul yaitu pengelompokan atau klasifikasi menurut
kesamaan atau karakteristiknya.Beberapa contoh usaha ke arah taksonomi media tersebut antara lain :
1)Taksonomi menurut Rudy Bretz
Bertz mengidentifikasikan ciri utama dari media menjadi tiga unsur
pokok, yaitu : suara, visual dan gerak. Visual dibedakan menjadi tiga
yaitu garis ( line graphic ) dan simbol yang merupakan suatu kontinum
dari bentuk yang dapat ditangkap dengan indra penglihatan. Bretz juga
membedakan antara media siar ( telecommunication ) dan media rekam
( recording ) sehingga terdapat 8 klasifikasi media, yaitu :
☼ Media audiovisual gerak
☼ Media audiovisual diam
☼ Media audio semi-gerak
☼ Media
visual diam
☼
Media semi-gerak
☼ Media audio
☼ Media cetak
2) Hirarki
media menurut Duncan
Dalam penyusunan taksonomi media menurut
hirarki pemanfaatan untuk pendidikan, Duncan ingin mensejajarkan biaya
investasi, kelangkaan dan keluasan lingkup sasarannya disatu pihak dan
kemudahan pengadaan serta penggunaan, keterbatasan lingkup sasaran dan
rendahnya biaya di lain pihak dengan tingkat kerumitan perangkat
medianya dalam satu hirarki.
3) Taksonomi
menurut Briggs
Briggs
mengidentifikasi 13 macam media yang dipergunakan dalam proses belajar
mengajar, yaitu :
☼
Obyek
☼ Model
☼ Suara langsung
☼
Rekaman audio
☼ Media cetak
☼ Pembelajaran
terprogram
☼ Papan tulis
☼ Media transparansi
☼
Film rangkai
☼ Film bingkai
☼ Film
☼
Televisi
☼ Gambar
4) Taksonomi
menurut Gagne
Gagne
membuat 7 macam pengelompokan media yaitu :
☼ Benda untuk didemontrasikan
☼ Komunikasi lisan
☼ Media cetak
☼ Gambar diam
☼ Gambra gerak
☼ Film bersuara
☼ Mesin belajar
5) Taksonomi
menurut Edling
Menurut
Edling media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar, yaitu
dua untuk pengalaman audio meliputi kodifikasi subyektif visual dam
kodifikasi obyektif audio, dua untuk pengalaman visual meliputi
kodifikasi obyektif audio dan kodifikasi obyektif visual dan dua
pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang
dan pengalaman langsung dengan benda-benda.
6)
Pengelompokan menurut Schramm ( 1977 )
Schramm membedakan media menjadi
media rumit dan mahal ( big media ) dan media sederhana dan murah
( little media ). Ia juga mengelompokan media menurut daya liputnya
menjadi media massal, media kelompok dan media individual.
7) Pengelompokan
menurut Allen
Allen
berusaha menghubungkan fungsi media dengan tujuan belajar yang hendak
dicapai.
B. Karakteristik
Karakteristik media
dapat dilihat menurut kemampuan membangkikan rangsangan indera
penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecaoan, maupun penciuman atau
kesuaiannya dengan tingkatan hierarki belajar. Untuk tujuan praktis
karakteristik beberapa jenis media yang lazim digunakan dalam kegiatan
belajar mengajar antara lain :
Media grafis
Media grafis berfungsi menyalurkan
pesan dari sumber ke penerima. Saluran yang dipakain menyangkut indera
penglihatan. Pesan yang akan dismapaikan dituangkan ke dalam
simbol-simbol komunikasi visual. Beberapa jenis media grafis antara lain
:
JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
1. Cetak
2. Transparansi
3. Audio
4. Slide Suara
5. Video
6. Multimedia Interaktif
7. E-learning
1. Cetak
2. Transparansi
3. Audio
4. Slide Suara
5. Video
6. Multimedia Interaktif
7. E-learning
1. GAMBAR/ FOTO/ CETAK
Kelebihan media gambar :
1. Sifatnya konkret, Murah, Dapat diakses oleh
kalangan luas, Tidak memerlukan peralatan, Bersifat fleksibel, mudah
dibawa ke mana-mana, Dapat digunakan untuk menyampaikan semua materi
pembelajaran, Bisa dibaca di mana saja dan kapan saja.
2. gambar dapat mengatasi batasan ruang dan
waktu
3. dapat
mengatasi batasan pengamatan
4. dapat menperjelas suatu masalah
Kelemahan media gambar :
1. hanya menekankan persepsi
indera mata
2.
benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran
3. ukurannya sangat terbatas
4. Kurang bisa membantu daya ingat
5. Apabila penyajiannya (font, warna, ilustrasi) tidak menarik, akan cepat membosankan
4. Kurang bisa membantu daya ingat
5. Apabila penyajiannya (font, warna, ilustrasi) tidak menarik, akan cepat membosankan
Syarat - syarat
media gambar / foto yang baik digunakan sebagai media pendidikan :
1. Autentik
2. Sederhana
3. Ukuran relatif
4. Mengandung gerak atau
perbuatan
5.
Gambar dapat mencapai tujuan
6. Gambar harus bagus dari sudut seni dan
sesuai denga tujuan pembelajaran.
Kelebihan media transparansi diantaranya :
1. penggunaannya praktis
2. tidak memerlukan ruang gelap, karena itu siswa atau peserta didik dapat melihatnya sambil mencatat
3. mudah dioperasikan, sehingga tidak memerlukan operator khusus
4. guru dalam menyajikannya dapat bertatap muka dengan siswa/peserta didik
Kelemahan dari media Transparasi
1. memerlukan peralatan khusus untuk penampilan, yaitu Overhead Projector (OHP)
2. memerlukan penataan yang khusus
3. memerlukan kecakapan khusus dalam pembuatannya
4. menuntut cara kerja yang sistematis karena susunan urutannya mudah kacau
3. AUDIO
Kelebihan dari media audio
1. Imajinatif
2. Individual
3. Relatif lebih murah
4. Mobile
5. Dapat merangsang partisipasi aktif pendengarnya
6. Sangat tepat untuk materi musik dan bahasa
7. Mengatasi batas waktu dan ruang
8. Radio: aktual, dapat menjangkau khalayak luas, siaran langsung, tidak dapat diulang
9. Kaset: dapat diputar ulang, dapat digunakan untuk merekam ulang
Kelemahan dari media audio
1. Komunikasi satu arah
2. Abstrak, terutama berkaitan dengan angka, ukuran, penghitungan dll
3. Auditif, sehingga membutuhkan konsentrasi dalam mendengarkan
4. Radio: tidak bisa diulang, kontrol ada pada stasiun radio, rentan cuaca, kalau tidak menarik pendengar beralih stasiun lain
5. Kaset: bisa terhapus, bisa kusut, tdk bisa disimpan lama
4. SLIDE SUARA
Kelebihan media Slide Suara
1. Dapat digunakan dalam kelompok besar (kelas)
2. Dapat memusatkan perhatian
3. Di bawah kontrol guru
4. Dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai materi pembelajaran
5. Tahan lama (awet)
6. Penyimpanannya mudah
Kelemahan Slide Suara
1. Gambar yang lepas menjadikannya mudah hilang
2. Hanya menyajikan gambar diam
3. Memerlukan ruangan yang gelap, sehingga tidak ada aktifitas lain
4. Biaya pembuatannya mahal
5. Memerlukan peralatan Proyektor Slide dan Kaset player
6. Harga peralatan mahal
7. Suku cadang semakin susah didapatkan
5. MULTI MEDIA
Kelebihan Media Multi Media
1. Interaktif
2. Individual
3. Fleksibel
4. Cost effectiveness
5. Motivasi
6. Umpan balik
7. Record keeping
8. Kontrol ada pada pengguna
Kelemahan dari Multi Media
1. Hanya akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan
2. Memerlukan peralatan (komputer) multimedia
3. Perlu persyaratan minimal prosesor, memori kartu grafis dan monitor
4. Perlu kemampuan pengoperasian, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan
5. Pengembangannya memerlukan adanya tim yang profesional
6. Pengembangannya memerlukan waktu yang cukup lama
7. Tidak punya sentuhan manusiawi
6. E-LEARNING
Kelebihan dari E-learning
1. just in time, just enough and just for you (tepat waktu)
2. cost effective (biaya efektif/efektif biaya)
3. up-to-date (terkini)
4. quick (cepat)
5. retainable (memelihara)
6. risk-free (tidak beresiko)
7. consistent (konsisten)
8. interactive and collaborative (interaktif dan kolaboratif)
9. easy to track
Kelemahan E-learning
1. technology dependent
2. sometimes incompatible with other systems and material
3. sunsuitable for some types of trainingandlearners
4. somewhat less interactive
5. expensive to set up both in terms of providing the infrastructure and the developing
6. content still dependent on human support
Tidak ada komentar:
Posting Komentar