Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/04/membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz1wyIQSeb3

Pages

Selasa, 29 Mei 2012

Makalah Pemanfaatan TIK melalui Pembelajaran Jarak Jauh Khamdiyah


Makalah Pemanfaatan TIK melalui Pembelajaran Jarak Jauh Khamdiyah
  • 1. 1PENERAPAN TIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Disusun Oleh : Ajeng Tina Mulyana Ainiyah Ekowati Anna Fauziah Annas Fitrah Akbar Desi Nurul Anggraini Efrina Yuricki Fithriyyah Humairoh Khamdiyah Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Jakarta 2012
  • 2. 2LATAR BELAKANGPendidikan merupakan hak bagi setiap warga Negara Indonesia sebagaimanatercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945. Dan Negara sebagai penyelengarapendidikan sudah sepatutnya memberikan akses untuk penyelengaraan pendidikansejalan dengan tujuan Negara Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.Dengan luas Negara Indonesia, bukan hal mudah untuk memeratakan kesempatanmemperoleh pendidikan bagi setiap warganya, jumlah penduduk yang banyaksementara SDM pendidik yang berkualitas terbatas, kondisi geografis yang terpisahantar pulau, anggaran pendidikan yang terbatas, dan (sekarang ini) mobilitas tinggibeberapa pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan namun terbentur waktu danruang, menjadikan pendidikan itu sendiri sulit untuk diselenggarakan.Banyak penduduk Indonesia, berkeinginan untuk mempelajari berbagai macam hal,salah satunya bahasa asing. Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang palingdiminati dikarenakan bahasa Inggris dipakai oleh hampir seluruh Negara sebagaibahasa internasional. Selain untuk berkomunikasi secara formal dan informaldengan komunitasnya, bahasa Inggris juga dapat dijadikan sebagai ‘sertifikat’ bagimereka yang hendak mengambil gelar akademik di bidang bahasa Inggris.Bagi mereka yang mempunyai daya dan upaya, pastilah jalan pendidikan formalmaupun non formal akan mudah ditempuh. Namun bagi yang memliki keterbatasan,tentu hal ini menyulitkan.Melihat fenomena ini, pemerintah bersama pihak-pihak terkait berusaha untukmemudahkan setiap warganya. Untuk itulah pemerintah mengembangkan suatusystem pendidikan jarak jauh yang dapat memudahkan setiap pembelajar untukmelakukan kegiatan pendidikan tanpa harus (seratus pesen) melakukan tatap mukadan hadir dalam suatu ruangan dengan pengajarnya.TUJUAN
Read More . .

Macam-macam Media Pembelajaran, Karakteristik Serta Kelebihan dan Kekurangannya


Macam-macam Media Pembelajaran, Karakteristik Serta Kelebihan dan Kekurangannya
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk mencapaitujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar melakukan kegiatan pengajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran.
Read More . .

Senin, 28 Mei 2012

KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN

KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN

A.Taksonomi
Dalam pengertian teknologi pendidikan, media atau bahan sebagai sumber belajar merupakan komponen dari sistem instrusional di samping pesan, orang, teknik dan peralatan. Dari usaha penantaan yang timbul yaitu pengelompokan atau klasifikasi menurut kesamaan atau karakteristiknya.
Beberapa contoh usaha ke arah taksonomi media tersebut antara lain :
1)Taksonomi menurut Rudy Bretz

Bertz mengidentifikasikan ciri utama dari media menjadi tiga unsur pokok, yaitu : suara, visual dan gerak. Visual dibedakan menjadi tiga yaitu garis ( line graphic ) dan simbol yang merupakan suatu kontinum dari bentuk yang dapat ditangkap dengan indra penglihatan. Bretz juga membedakan antara media siar ( telecommunication ) dan media rekam                  ( recording ) sehingga terdapat 8 klasifikasi media, yaitu :

☼ Media audiovisual gerak

☼ Media audiovisual diam

☼ Media audio semi-gerak
☼ Media visual gerak
Read More . .
Diberdayakan oleh Blogger.